TIPS ATASI DEPRESI MENJELANG MASA MELAHIRKAN BAGI IBU Agar Tidak Stress Bayi Sehat Selamat Saat Lahir

Diposkan oleh hafidh on Saturday, February 25, 2012

TIPS ATASI DEPRESI MENJELANG MASA MELAHIRKAN BAGI IBU Agar Tidak Stress Bayi Sehat Selamat Saat Lahir. Tips Sehat - Saat yang paling ditunggu oleh ibu khamil adalah melahirkan. Calon ibu yang akan melahirkan anak pertama biasanya akan dihantui bayang-bayang tentang rasa sakit yang akan di deritanya kala melahirkan. Nah ada baiknya anda mempersiapkan mental anda ketika anda hendak melahirkan anak anda, lebih-lebih anak pertama. Tips berikut akan sedikit memberikan gambaran bagaimana cara mengatasi rasa panik, gelisah bagi ibu yang akan melahirkan. Lihat juga Foto Ikan Paus Tutul Terdampar di Pantai Brebes dan Video Trailer Film Kung Fu Pocong Perawan Kisah Cinta Plga dan Jessica Iskandar.

Kekhawatiran saat hamil muncul karena ibu terlalu banyak menerima dan menyerap informasi tanpa menyaringnya, atau karena memang mengalami masalah emosi seperti cemas atau panik, selain juga karena minimnya dukungan dari orang terdekat semasa kehamilan. Ada baiknya bagi anda ibu yang baru hamil untuk terus berpikir positif.

Ketika ibu hamil adalah masa krisis dimana sang suami sangat berperan sekali dalam memberikan dukungan moril dan meyakinkan istri bahwa semua pasti akan berjalan lancar.

Dr Ridwan SpOG dari Kemang Medical Care Hospital menjelaskan ada lima kekhawatiran yang kerap dialami ibu hamil. Biasanya rasa takut muncul sejak trimester dan semakin menjadi jelang persalinan kalau kekhawatiran tersebut tak teratasi dengan baik.

Berikut ini 5 masalah yang sering timbul berkaitan dengan kekhawatiran ibu hamil yang hendak melahirkan, berikut dengan solusi mengatasi rasa khawatir bagi ibu hamil.

1. Rasa nyeri. Ibu hamil kerap mengkhawatirkan rasa nyeri saat melahirkan yang didengarnya dari pengalaman orang lain atau pembicaraan bersama orang-orang di sekitarnya.

2. Robekan jalan lahir termasuk proses penjahitan. Cerita pengalaman proses penjahitan pascabersalin yang didapatkan dari orang-orang disekitarnya juga membuat ibu hamil menjadi khawatir.

3. Gagal melahirkan normal melainkan dengan caesar. Ibu hamil juga merasa khawatir kalau-kalau tak bisa melahirkan normal (vaginal) seperti yang diharapkan karena kondisi tertentu. Sehingga mengharuskannya untuk menjalani operasi caesar.

4. Hilang kontrol saat proses bersalin. Kekhawatiran lain yang terjadi pada ibu hamil di antaranya kehilangan kontrol saat bersalin. Misalnya, takut berteriak saat kontraksi atau buang air besar saat proses persalinan.

"Semua hal itu normal, termasuk kalau buang air besar saat proses persalinan, tak perlu merasa canggung atau tak enak dengan dokter atau petugas medis lainnya. Jadi hal seperti ini tak perlu dikhawatirkan," jelas dr Ridwan.

5. Kondisi bayi. Hal lain yang juga dikhawatirkan ibu hamil jelang persalinan adalah kondisi bayi, apakah terlahir normal atau mengalami gangguan kesehatan serta berbagai hal lainnya.  

Ibu Hamil, Kelahiran, Tips Ibu Hamil, Ibu Mengandung, Kontraksi, Kelainan Kehamilan

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment