KENALI BAHAYA PENGGUNAAN ANTIBIOTIK Dampak Konsumsi Obat Antibiotik Bagi Mata

Diposkan oleh hafidh on Wednesday, April 4, 2012

KENALI BAHAYA PENGGUNAAN ANTIBIOTIK Dampak Konsumsi Obat Antibiotik Bagi Mata. Info Kesehatan - Mata adalah cerminan hati, setidaknya itulah yang menggambarkan betapa pentingnya indra penglihatan bagi kita. Bisa kita bayangkan jika hidup kita tidak dilengkapi oleh mata sebagai indra penglihatan kita, akan hilanglah kebahagian untuk menikmati keindahan ciptaan Tuhan yang begitu sempurna ini. Nah untuk itu perlu kita menjaga kesehatan mata kita.

Baru-baru ini, pusat penelitian kesehatan mata Child and Family Research Institute of British Columbia di Vancouver, Kanada melakukan sebuah riset yang menyimpulkan bahwa penggunaan antibiotik dapat membuat ablasi retina.

Ablasi retina merupakan sebuah penyakit yang membuat si penderita mempunyai jaringan peka cahaya yang terpisah dari gel pengisi bola mata. Celakanya lagi, dokter sering juga memberikan resep antibiotik berupa fluoroquinolones yang bisa memberikan potensi terjadinya ablasi retina. Lihat juga Review New XBOX 720 Gadget Baru Keluaran Microsoft.

Tanda seseorang terkena ablasi mata itu sendiri adalah munculnya garis, titik atau floaters pada mata. Garis itu hampir tidak bisa kita deteksi jika hanya sepintas saja kita melihatnya.

Beberapa jenis antibiotik yang termasuk dalam antibiotik fluoroquinolones adalah ciprofloxacin dan levofloxacin dengan berbagai merek yang ada. Antibiotik ini yang dapat mengganggu jaringan ikat pada mata.

Namun, peneliti menambahkan, tidak semua pengonsumsi fluoroquinolones akan mengalami ablasi retina. Risiko terkena ablasi ini kecil. Meski begitu, penelitian ini sebagai pengingat bahwa ada kemungkinan seseorang mengalami ablasi retina saat mengonsumsi fluorokuinolon. Mungkin satu di antara 2.500 orang yang makan antibiotik itu mengalami ablasi retina.

Retina, Ablasi, Gangguan Mata,

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment