Inilah 8 Perpustakaan Tersembunyi di Jakarta

Diposkan oleh hafidh on Monday, April 23, 2012

Inilah 8 Perpustakaan Tersembunyi di Jakarta


Perpustakaan di Reading Room
Kafe dan perpustakaan di Reading Room memiliki batas yang sangat cair. Anda bisa menikmati pesanan anda sembari membaca buku. Jika anda menyukai bukunya dan ingin memilikinya, anda bisa membeli buku tersebut dengan rentang harga dari 50.000-150.000 rupiah. Tetapi ada bagian khusus dari perpustakaan ini, yang rupanya adalah koleksi pribadi dari Richard Oh. Bagian tersebut terletak di lantai dua, buku-bukunya disimpan di dalam lemari dengan pintu kaca. Buku-buku tersebut tidak dapat dibeli, tetapi bisa dibaca di tempat dengan menitipkan KTP dan maksimal hanya memegang satu buku

Perpustakaan Rujak Center for Urban Studies (RCUS)
Tertarik dengan studi perkotaan? Datanglah ke Perpustakaan Rujak Center for Urban Studies (RCUS) di Gedung Ranuza lantai 2, Jalan Timor No. 10, Menteng, Jakarta Pusat. Walaupun tidak seberapa besar, perpustakaan ini memiliki koleksi buku tentang kota yang tidak mudah ditemukan di perpustakaan lain. Biaya pendaftaran anggota sejumlah 50.000 rupiah, dan biaya peminjaman buku 3.000 rupiah per buku. Maksimal peminjaman 3 buku, dengan batas waktu 13 hari. Hari buka Senin-Jumat (10.00-16.30) dan Sabtu (10.00-12.30 dengan perjanjian terlebih dahulu). Nomor telepon 021-31906809

Perpustakaan Freedom
Perpustakaan yang baik adalah perpustakaan yang dapat mendorong pengunjungnya untuk membaca, dan ini yang dimiliki Perpustakaan Freedom. Suasana ruangnya hangat, didukung pencahayaan campuran yang baik antara cahaya alami dan cahaya buatan. Tempat duduknya sangat memanjakan pembacanya. Penataan bukunya pun sangat jelas, di samping buku-buku yang terdapat di dalamnya adalah buku-buku bermutu.

PNRI
Suasana ruang baca di ruang layanan koleksi buku baru. PNRI menggunakan sistem peminjaman tertutup, sehingga kita tidak dapat merasakan hangatnya berdiri di antara rak buku. Tidak ada serendipity, kita harus tahu persis apa yang kita cari di sini. Tulis buku yang mau kita pinjam, serahkan ke petugas (anda perlu menjadi anggota terlebih dahulu). Anda hanya bisa membaca buku-buku yang ada di ruang baca, tidak ada layanan peminjaman

Perpustakaan Daniel S. Lev
Perpustakaan Daniel S. Lev ini tidak terlalu besar, dengan total koleksi sekitar 12.000 buku. Buku-buku tersebut tidak bisa dipinjam, hanya untuk dibaca di tempat. Waktu buka pada hari kerja Senin-Jumat (09.00-18.00). Nomor telepon yang bisa dihubungi 021-83701809.

Pusteling
Selain perpustakaan-perpustakaan yang sembunyi, rupanya ada juga perpustakaan-perpustakaan yang mengunjungi pembacanya, yaitu perpustakaan keliling. Salah satunya ada Pusteling yang merupakan program dari Perpustakaan Nasional RI. Terdapat tiga bus Pusteling yang beroperasi setiap harinya. Umumnya, tempat-tempat yang dikunjungi adalah sekolah-sekolah dan panti asuhan.

Comic Cafe
Comic Cafe terdapat di Jalan Tebet Utara Dalam. Tempat ini menggunakan komik sebagai konsep dari kafenya. Di dalamnya, terdapat perpustakaan yang memiliki koleksi komik. Sayangnya, ketika saya datang, perpustakaan tersebut sedang direnovasi, dan pramusajinya tidak mengetahui kapan akan dibuka kembali.

Perpustakaan Japan Foundation
Buku-buku yang terdapat di Perpustakaan Japan Foundation umumnya berkaitan dengan Jepang, baik itu dalam bahasa Jepang, Inggris, maupun Indonesia. Terdapat pula koleksi manga dan buku anak. Biaya keanggotaan untuk umum sejumlah 50.000 rupiah per tahun, sementara untuk mahasiswa dan pelajar 20.000 rupiah per tahun. Peminjaman berlaku untuk 2 buku dan 1 majalah/komik/buku anak selama dua minggu, dan dapat diperpanjang sebanyak dua kali.


{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment