Tulisan Terakhir Wakil Menteri ESDM Widjajono

Diposkan oleh hafidh on Saturday, April 21, 2012

Tulisan Terakhir Wakil Menteri ESDM Widjajono


Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Widjajono Partowidagdo mangkat pada 21 April 2012. Profesor teknik perminyakan ini meninggal saat mendaki Gunung Tambora, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Mendaki adalah hobinya. Tak cuma di Indonesia, gunung-gunung tinggi di dunia juga telah ditaklukkan, seperti Himalaya di Nepal dan Gunung Kilimanjaro di Afrika.

Sebelum ke Tambora, Widjajono sempat menulis di mailing list Ikatan Alumni ITB. Inilah pesan yang diduga menjadi tulisan terakhir dia:

Kalau kita menyayangi orang-orang yang kita pimpin, Insya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang akan menunjukkan cara untuk membuat mereka dan kita lebih baik. Tuhan itu Maha Pencipta, segala kehendak-Nya terjadi.

Saya biasa tidur jam 20.00 WIB dan bangun jam 02.00 WIB pagi lalu Salat malam dan meditasi serta ceragem sekitar 30 menit, lalu buka komputer buat tulisan atau nulis email.

Dalam meditasi biasa menyebutkan:

“Tuhan Engkau Maha Pengasih dan Penyayang, aku sayang kepadaMu dan sayangilah aku… Tuhan Engkau Maha Pencipta, segala kehendak-Mu terjadi…”

Lalu saya memohon apa yang saya mau… (dan diakhiri dgn mengucap) “Terima kasih Tuhan atas karuniaMu.”

Subuh saya Sholat di Mesjid sebelah rumah lalu jalan kaki dari Ciragil ke Taman Jenggala (pp sekitar 4 kilometer). Saya menyapa Satpam, Pembantu dan Orang Jualan yang saya temui di jalan dan akibatnya saya juga disapa oleh yang punya rumah (banyak Pejabat, Pengusaha dan Diplomat), sehingga saya memulai setiap hari dengan kedamaian dan optimisme karena saya percaya bahwa apa yang Dia kehendaki terjadi dan saya selain sudah memohon dan bersyukur juga menyayangi ciptaan-Nya dan berusaha membuat keadaan lebih baik. Oh ya, Tuhan tidak pernah kehabisan akal, jadi kita tidak perlu kuatir. Percayalah…

Salam,
Widjajono



Sumber. vivanews.com

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment