ACEH DIGOYANG GEMPA 8,7 SR POTENSI TERJADI TSUNAMI

Diposkan oleh hafidh on Wednesday, April 11, 2012


ACEH DIGOYANG GEMPA 8,7 SR POTENSI TERJADI TSUNAMI. Bencana Nasional - Aceh kembali diguncang gempa berkekuatan dahsyat, Rabu, (11/4/2012)pada pukul 15.30 Wib. Dahsyatnya kekuatan gempa Aceh kali ini dirasakan oleh hamptr seluruh bagian Aceh, dikatakan oleh badan Geoteknologi LIPI bahwa kekuatan gempa Aceh kali ini adalah 8,7 dalam Scala Richter.

Pusat gempa ada pada di 2.31 Lintang Utara (LU), 92,67 Bujur Timur (BT) atau sekitar 146 Barat Daya Simeulue Aceh dengan kedalaman 10 sekitar kilometer.

"Pusat gempa berjarak sekitar 500 km dari Sumatera. Lokasinya di luar zona pertemuan lempeng atau subduksi," kata Eko saat dihubungi Kompas.com, Rabu hari ini.

Sementara, pakar kegempaan dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Irwan Meilano, menuturkan bahwa pusat gempa berada di sisi barat zona subduksi, artinya menjauhi lokasi daratan Sumatera.

Dengan jarak episentrum 500 km, kalau memang terjadi tsunami, maka tsunami akan tiba dalam waktu kurang dari 1 jam. Selang waktu dari gempa hingga terbitnya berita ini sudah lebih dari 1 jam. Hingga kini, kondisi di Aceh belum diketahui.

Eko menghimbau masyarakat Aceh untuk tetap waspada dan segera melakukan evakuasi dengan pergi ke tempat yang lebih tinggi. Belum diketahui besarnya tsunami yang mungkin terjadi.

Gempa Aceh, Tsunami Aceh, 8,7 SR, Potensi Tsunami, Bencana Alam 2012

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment