Musim Kering Sepanjang Tahun Ini Ancaman Bahaya Kebakaran

Diposkan oleh hafidh on Sunday, September 25, 2011

Musim kering atau musim kemarau tahun ini menjadi ancaman bahaya kebakaran bagi bangsa Indonesia. terbukti dari beberapa kasus kebakaran yang terjadi saat ini, sebagian besar terjadi karena faktor kekeringan dan selebihnya dukungan dari faktor human error.  Baru saja kita mendengar kabar tentang kebakaran di gunung Sindoro yang diduga adalah ulah dari pendaki yang lalai atau iseng membuat api, informasi yang didapat, sampai minggu sore (25/9/11) api belum dapat dipadamkan.

Hal tersebut hanyalah satu dari sekian banyak kasus kebakaran yang terjadi pada masa musim kering atau kemarau. Peristiwa serupa juga terjadi di hutan konservasi gunung Lemongan yang terletak di kecamatan Klakah Lumajang. Lahan area konservasi seluas 100 hektar ludes terbakar akibat faktor kekeringan, setidaknya ada 6 titik api yang menjadi sumber kebakaran.

Masih banyak peristiwa kebakaran yang diakibatkan oleh kekeringan yang berkepanjangan di bumi pertiwi kita, namun hal tersebut bukan tanpa solusi. Kita bisa saja mencegah kebakaran pada musim kemarau ini, beberapa hal yang paling berpengaruh adalah dengan tidak membuka lahan pertanian baru.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment