Turun Berat Badan Perlahan Tapi Pasti

Diposkan oleh hafidh on Monday, October 11, 2010

Idealnya, kita hanya makan di jam makan dan berhenti sesaat sebelum kenyang, dan tidak mengemil. Namun, pada kenyataannya, setiap ada waktu senggang, mulut rasanya ingin mengunyah sesuatu. "Sekeliling kita memengaruhi seberapa banyak kita makan lebih dari yang kita tahu," jelas Brian Wansink, Ph.D., direktur Food and Brand Lab di Cornell University, New York. Untuk makan dengan cerdas dan menurunkan berat badan tanpa berusaha terlalu keras. Triknya hanyalah dengan mengubah lingkungan serta kebiasaan, sehingga Anda akan mengurangi asupan. Mungkin terdengar mudah, padahal, ini adalah hal yang sulit, lho. Coba lakukan hal-hal berikut ini:

  1. Tak mengemil saat senggang.
    Dalam suatu studi, para partisipan yang mengemil di depan televisi mengkonsumsi 40 persen keripik kentang lebih banyak ketimbang mereka yang makan di meja makan. Mengapa? Karena saat menonton televisi, pikiran kita teralihkan dengan tontonan, sehingga mengunyah hanya menjadi hal yang otomatis. Tambahannya lagi, kita punya kecenderungan untuk merasa kita harus makan hingga tayangannya berakhir.
  2. Gunakan piring kecil.
    Percaya atau tidak, besar-kecilnya piring memengaruhi jumlah makanan kita. Dalam suatu studi, mereka yang makan menggunakan piring lebih besar makan lebih banyak makanan ketimbang mereka yang makan dengan piring kecil.
  3. Jauh dari cemilan.
    Dalam penelitian, sebuah piring berisi permen atau cokelat yang mudah tergapai akan membuat orang mengkonsumsi makanan manis 5 kali lebih banyak ketimbang cemilan yang berada jauh dari jangkauan. Menyimpan kue di rak paling tinggi dan menaruh es krim di bagian belakang freezer akan membantu Anda memilih konsumsi yang lebih sehat.
  4. Tidak menaruh makanan di tengah meja makan.
    Menurut penelitian, makanan yang disajikan ala prasmanan, atau hidangannya tidak di meja makan akan mengurangi asupannya sebanyak 20 persen ketimbang mereka yang makanannya ditaruh di tengah meja makan. Harus berdiri beberapa detik sebelum mengambil makanan tambahan akan memberi kesempatan untuk Anda berhenti sejenak, dan memberi peluang berpikir ulang sebelum menambah makanan.
  5. Daging dan keju iris tipis.
    Ketimbang menyajikan makanan dalam bentuk potongan besar, lebih baik hidangkan makanan yang sudah diiris tipis, khususnya keju dan daging sebelum disajikan. Kebanyakan orang berpikir makanan akan lebih banyak jika disajikan dalam bentuk tipis dan kecil. Sehingga akan merasa lebih puas tanpa harus makan banyak.
Source : Kompas

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment